Bertempat di Lord Cafe, Palembang
yang berlokasi di Jln. Sumpah Pemuda, Google mengajak para perempuan di kota
pempek ini untuk mengembangkan wirausaha yang saat ini dimiliki. Google mengadakan
kelas untuk perempuan dengan nama WOMEN WILL yang berisi sekitar 30-40 orang. Acara
dimulai pukul 16.00 WIB dan registrasi dibuka mulai 15.45. Para peserta
dipersilahkan icip-icip hidangan pembuka ala Lord Cafe. Setelah itu acara
dibuka dengan diisi oleh narasumber, Ibu Irvin. Beliau adalah salah seorang
pembisnis dari kalangan ibu-ibu yang membuka usaha yang cukup sukses di Kota
Palembang. Beliau dari INACRAFT, merupakan persatuan pengusaha / pembisinis
yang memiliki UKM kerajinan tangan (handicraft) yang dibawahi oleh BEKRAF
(Badan Ekonomi Kreatif). Sesi pertama diisi dengan kelas GOOGLE PRIMER.
GOOGLE PRIMER
Google Primer adalah salah satu
aplikasi yang dapat diunduh di Play Store atau App Store. Aplikasi ini
menyediakan fitur-fitur menarik yang menawarkan serangkaian tips dan trik dalam
mengembangkan usaha, mengelola bisnis, menghadapi konsumen, pemasaran bisnis,
tes kemampuan komunikasi yang dimiliki dan belajar bisnis. Dalam kelas ini, peserta diberkan ruang untuk mengunduh aplikasi Google Primer dan mengikuti langkah-lagkah untuk 'kembangkan bisnis dengan mengenali potensi diri'.
Gambar 1. Peserta mengunduh Google Primer
Gambar 2. Salah satu metode pemasaran bisnis zaman now ialah melalui media sosial
Dalam penyampaiannya, Ibu Irvin membrikan solusi atas pemasaran yang efektif dilakukan di zaman sekarang, yaitu melalui media sosial. Berbagai aplikasi dengan konten yang menarik dapat menggaet calon pembeli usaha kita. Tampilan gambar atau foto dari sebuah produk, misalnya makanan, aksesoris, atau produk lainnya menjadi daya tarik tersendiri yang memikat konsumen untuk membeli.
KOMUNIKASI BISNIS
Pentingnya membangun komunikasi bisnis dengan baik diperlukan untuk terus dapat mengembangkan bisnis. Tujuannya adalah agar dapat mengatasi masalah yang muncul ketika menjalankan bisnis dengan efektif. Terjalinnya hubungan yang harmonis terhadap karyawan dan pelanggan.
Ada 4 gaya komunikasi bisnis yang umum digunakan yaitu :
1. Gaya Direktur : gaya ini bersifat fokus terhadap tujuan, cepat dalam mengambil keputusan.
2. Gaya Pemikir : gaya ini bersifat fokus ke tugas, percaya bahwa setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
3. Gaya Ekspresif : gaya ini bersifat fokus ke semua orang, suka ngobrol dengan banyak orang, ekspresif dan ceria.
4. Gaya Penghubung : gaya ini bersifat mengutamakan kepentingan orang lain, ia menghubungkan individu satu dengan yang lain, bersifat penengah.
Dari 4 gaya komunikasi tersebut, manakah yang paling baik digunakan dalam berkomunikasi? Jawabannya adalah tidak ada. Hal itu tergantung pada kondisi, posisi dan situasi. Gaya komunikasi tersebut bisa dimix (digabung), karena kebanyakan orang tidak memiliki gaya komunikasi 1 tok (saja).
Dari 4 gaya komunikasi tersebut, manakah yang paling baik digunakan dalam berkomunikasi? Jawabannya adalah tidak ada. Hal itu tergantung pada kondisi, posisi dan situasi. Gaya komunikasi tersebut bisa dimix (digabung), karena kebanyakan orang tidak memiliki gaya komunikasi 1 tok (saja).
Gambar 3. Narasumber sedang memaparkan materi
Komentar
Posting Komentar